Awalnya sering dengar lagu Jepang di Tiktok yg bunyi reffnya "Kimi no Toriko". Terus aku cari di youtube. Yang pertama muncul adalah video cover dari Rainych Ran. Jujur, aku sebenarnya kurang suka dengan yang namanya cover, tapi karena ga tau nama penyanyi aslinya. Jadi yg versi rainych ran yg pertama aku buka. Tapi musiknya kok beda ya dengan yang di Tiktok yang sering ku dengar. Dan kesan pertama dengar suara Rainych, "gila suaranya Kawaii sekali, kok mirip suara Voice actor atau seiyuu anime-anime gitu". Dari situ dapatlah nama band asli lagu "Kimi no Toriko" ini dan judulnya adalah Summertime. Setelah dengar lagu versi originalnya. Aku malah lebih suka versi cover tadi. Aku pun balik lagi ke channel Rainych Ran. "Ini orang mana ya?". Aku pikir bukan orang Indonesia. Selain kulitnya yg putih kinclong dan glowing. Aku lihat subtitle liriknya ga ada bahasa Indonesia. Aku lihat deskripsi video jg bahasa Inggris. Terus yg komen jg banyak bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ini orang Jepang muslim kali ya... atau orang Malaysia mungkin. 




Terus aku bukalah akun Instagram-nya. Scroll kebawah foto-fotonya dan ada lokasi fotonya di Batusangkar. "Loh, ternyata ini cewek orang INDONESIA". Aku research lagi ternyata orang Riau dan sukunya asli Minangkabau. WTF! Ga percaya aja gitu ada makhluk se imut ini dengan suara yg cute, kawaii, dan wajah yg so fucking beautiful ini dan dari Indonesia pula. Hehe. 

Aku ga langsung percaya, mungkin dia pakai auto tune atau semacamnya. Sebab dari awal aku ga pernah suka yg namanya artis cover. Terus aku nonton video Rainych yg crossing field. Wow, mirip betul suara atau style nyanyinya itu dengan LiSA. What??? Aku putar yg lagu Tokyo ghoul Unravel dan aku kaget pas bagian screaming dan bisa low voice khas TK juga. Aku putar lagi omae wa mou shindeiru  dan suanya bisa mirip gitu. Padahal suara aslinya itu dari Vocaloid loh. Next aku putar lagu Heikousen, what the hell 11/12 sama suara Sayuri mennn. Gila!! Parah!!! Kok bisa gitu ya? Terus aku makin penasaran oleh si Rainych ini. Aku cari video live nya dan ketemu lah beberapa video live dia di Instagram Live dan konsernya. Ternyata benar emang suaranya aslinya pure cute. Mau genre metal/rock bisa. Lagu kawaii apalagi! Dia bisa hit nada-nada lagu yg tinggi. Amazing!!!
 
Dan ga nyangka juga lagu "say so" yg popular itu ada versi Jepang yg dia bawa. Yg paling membuatku bangga dialah yg pertama mengcover lagu tersebut ke bahasa Jepang dan viewnya sampai 12 jt. Apalagi udah di react langsung sama penyanyi aslinya Dosa Cat. Wow!! Yang react videonya jg udah banyak mulai dari America, Jepang, dll. I'm so proud of You.

Ini pertama kalinya aku suka sama artis cover. Sudah seminggu lagu-lagu dia masuk chart teratas di playlist Spotify versiku. Dan aku yakin si Rainych Ran ini pasti bakal besar namanya di kemudian hari. Mudah-mudahan aja ada agency disana yg melihat bakat dia. Apalagi bisa jadi pengisa suara anime. Yakin sih pasti bisa. Aku udah dengar suaranya mau bawain lagu kawaii ataupun lagu rock metal dia bisa. Apa lagi dia juga suka Linkin Park. Man! Linkin park band yg paling aku suka sejak kecil. Senang aja gitu. Bisa dilihat pas lagu Tokyo ghoul sama Gurenge screaming stylenya itu mirip mendiang Charles Bennington. Jadi penasaran gimana ya klo dia cover lagu-lagu Linkin park. (I Hope your read this Rainych ^_^). Dia kalau cover lagu pasti ada ciri khas sendiri seolah-olah itu lagu emang asli dari Rainych. 

Seandainya dia punya single original sendiri pasti keren. 
Eh rupanya ada anjirrr! Pas aku putar di spotify ada lagu enak banget kudengar judulnya Time-Lapse. Lalu aku searching di internet ini lagu siapa ya? Soundtrack anime apa ya? Eh rupanya udah ada label musik yg buat lagu original untuk Rainych. Nama labelnya adalah sprite:wall. Seketika itu aku langsung bangga dan jadi fans berat nya kamu Rainych!! Dan aku jg udah terjemahin liriknya ke bahasa Indonesia di postingan sebelumnya. Dan paling senangnya lagi sprite:wall jg berencana membuat lagu original lagi buat rainych. Duh senangnya hehe.



Terima kasih kak Rainych sudah menghibur kami dengan lantunan suaramu yang indah. Semoga sukses selalu dan tetap semangat dalam berkarya. Aku yakin kalau Rainych tetap istiqamah pasti ada jalan yang menuntun kakak untuk menjadi penyanyi dan menjadi lebih terkenal lagi. Semoga diberi kesehatan dan kelapangan rezeki dan dijauhkan dari para haters. hehe.

Terima kasih juga buat para pembaca yang sudah mampir membaca artikel ini. Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah. 

*For overseas readers, if you want me to translate this article. Please comment below so i can make the english version. Thank you!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yu-Music! - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -